06
Oct

Sosialisasi Panduan Project Based Learning Pendidikan Vokasi

Sosialisasi Panduan Project Based Learning Pendidikan Vokasi melalui kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I mengadakan kegiatan terkait panuan Penerapan PBL. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring yang dilaksanakan pada hari Selasa, 4 Oktober 2022 melalui video conference. Acara sosialisasi peraturan direktur jenderal pendidikan vokasi tentang panduan penerapan project bases learning pada perguruan tinggi penyelenggara pendidikan vokasi dihadari oleh Bapak Akhyar Lubis selaku kepala program studi teknik komputer.

Pendidikan tinggi, Pendidikan Kejuruan, SMK di daerah daerah, dihubungkan dengan industri industri agar lulusannya sesuai dengan kebutuhan, dan siap untuk hal hal baru

Arahan Presiden RI

Berdasarkan indikator kinerja utama perguruan tinggi berdasarkan kepmendibud no 3 tahun 2021 terkait pembelajaran dikelas menyatakan persentasi matakuliah S1 dan D4/D3/D2 yang menggunakan metode pembelajaran pemecahan kasus (case method) atau pembelajaran kelompok berbasis projek (team- based project) sebagai sebagian bobot evaluasi pada IKU 7. Kriteria metode pembelajaran didalam kelas harus menggunakan salah satu atau kombinasi dari metode pembelajaran pemecahan kasus atau pembelajaran kelompok berbasis proyek. PBL merupakan suatu model yang dapat mengorganisir proyek-proyek dalam pembelajaran. Memberikan peluang pada sistem pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa, lebih kolaboratif, mahasiswa terlibat secara aktif menyelesaikan proyek proyek secara mandiri dan bekerja sama dalam tim dan mengintegrasikan masalah masalah yang nyata dan praktis.

Adapun tujuan dari PBL tersebut adalah meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam pemecahan masalah, memperoleh kemampuan dan ketrampilan baru, membuat lebih aktif dalam pemecahan masalah, mengembangkan dan menigkatkan ketrampilan dalam pengelolahan bahan atau alat dalam penyelesaian masalah serta meningkatkan kolaborasi khususnya pada PBL yang bersifat kelompok.